Sekilas tentang SAS (Sulit Air Sepakat)


Written by HM. Dt. Marah Bangso
Wednesday, 18 July 2007
Berbicara masalah SAS, sebenarnya tak akan selesai kita bicarakan hanya alam waktu yang singkat dan ruang terbatas ini. Tapi baiklah saya akan coba uraikan secara singkat sbb :


Sulit Air Sepakat (SAS) merupakan salah satu organisasi perantau masyarakat Minang yang paling terkenal dan terbesar di Provinsi Sumatera Barat. Organisasi yang didirikan perantau dari nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok ini berdiri pada tahun 1918 dan merupakan organisasi perantau pertama di Sumatera Barat. Organisasi ini telah memiliki sekitar 80 Dewan Perwakilan Cabang (DPC) di seluruh Indonesia dan 4 DPC di luar negeri (Malaysia, Sidney, Melbourne dan Washington City).

Peranan organisasi perantau dalam pembangunan nagari khususnya SAS telah diakui oleh Gubernur Sumatera Barat Drs.H.Hasan Basri Durin yang menyatakan bahwa organisasi perantau Sulit Air Sepakat (SAS) merupakan organisasi perantau Minang yang paling kuat dalam memberikan dukungan dana pembangunan di nagari sekarang ini (Buletin : Sulit Air Dalam Berita, 1993-1995). Organisasi ini selalu mengadakan Konferensi atau Musyawarah
Besar (MUBES) sekali dalam 2 tahun sebagai wadah silaturahmi, membahas berbagai persoalan pembangunan kampung halaman dan pengumpulan dana pembangunan untuk nagari.

Eksistensi SAS sebagai sebuah organisasi para perantau mengalami kemajuan, terutama setelah suksesnya melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-I di Ciloto Jawa Barat pada tanggal 3 Juli 1970. Mubes pertama tersebut berhasil merumuskan SAS secara formal sebagai organisasi perkumpulan bagi masyarakat perantau Sulit Air. Hasil Mubes ini kemudian dituangkan dalam Anggaran Dasar (AD) pada pasal I ayat 2 organisasi SAS dan menjadi pedoman bagi keberlanjutan organisasi yang dipimpin oleh seorang Ketua Umum yang dipilih secara demokratis di setiap Mubes.

Berikut disampaikan tabel nama-nama Ketua Umum SAS mulai dari tahun 1970 sampai saat ini 2007 :

1. H.Syamsul Bahri Nur, Periode jabatan : 1970 s/d 1972
2. H.Rozali Usman, SH, Periode jabatan : 1973 s/d 1977
3. H.Armon Syamsudin, Periode jabatan : 1978 s/d 1980
4. H.Fakhruddin Panuh, SH, Periode jabatan : 1981 s/d 1982
5. H.Rozali Usman, SH, Periode jabatan : 1982 s/d 1984
6. H.Nur Aksar, Periode jabatan : 1984 s/d 1986
7. Drs.H.Rainal Rais, Periode jabatan : 1986 s/d 1998 (6 Periode)
8. H.Zulherfin Zubir, Periode jabatan : 1998 s/d skrg (5 Periode)

Didalam menjalankan organisasinya, SAS yang DPP nya berada di Ibukota Negara Indonesia, Jakarta dibantu oleh 7 (tujuh) Koordinator Wilayah (KORWIL). Setiap Korwil terdiri dari beberapa DPC-DPC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang jumlahnya sudah mencapai 80 DPC itu dan Mancanegara (luar negeri). Adapun Korwil-korwil tersebut meliputi :


1. Korwil SAS I : Wilayah kerja : Subar, Sumut dan Aceh.
2. Korwil SAS II Wilayah kerja : Provinsi Riau
3. Korwil SAS III Wilayah kerja : Sumsel dan Jambi
4. Korwil SAS IV Wilayah kerja : Lampung
5. Korwil SAS V Wilayah kerja : DKI Jakarta dan sekitarnya
6. Korwil SAS VI Wilayah kerja : Luar Negeri
7. Korwil SAS VII Wilayah ketja : Provinsi Bengkulu.

Sebagai informasi tambahan, bahwa Korwil SAS III Sumsel dan Jambi yang mempunyai DPC sebanyak 14 cabang tersebut pada tanggal 28-29 Juli 2007 ini akan mengadakan MUKERWIL di Kota Kerinci Jambi. Mukerwil ini adalah kelanjutan dari RAPIM SAS yang diadakan di Lampung pada bulan Mei yang lalu. Pada periode yang lalu, SAS pernah mengadakan RAPIM di Bali (2002) dan di Kuala Lumpur (2004). Selanjutnya SAS akan mengadakan MUBES pada hari lebaran tahun ini di Sulit Air.


Dapat informasikan juga bahwa kajian2 tersebut sudah banyak dilakukan, pernah seorang sarjana dari Jepang melakukan penelitian tentang itu, dan yang terbaru yang saya ketahui (kebetulan saya baru mendapatkan bukunya yang anak saya beli di Toko Buku Gramedia Palembang seminggu yang lalu dengan judul Buku : FILANTROPI KAUM PERANTAU, Studi Kasus Kedermawanan Sosial Organisasi Perantau Sulit Air Sepakat (SAS), Kabupaten
Solok, Sumatera Barat yang dikarang oleh Irdam Huri S.Sos, Penerbit Piramedia, cetakan pertama, Februari 2006). Buku setebal 130 halaman ini cukup lengkap menceritakan apa yang saya ceritakan diatas.


Untuk mendapatkan buku tersebut mungkin apat dihubungi ke alamat penerbit : Piramedia, Jl.M.Ali I No.2 RT 003/04 el.Tanah Baru - Beji Kota Depok 16426, Telp/Faks. 021-7756071, 7752699, mail : pirac@cbn.net.idThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it dan Website: www.pirac.web.id.

Wassalam,
HM. Dt. Marah Bangso (50+)
Wakil Ketua Korwil SAS III Sumsel dan Jambi

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.